Yuk Ketahui Manfaat Pembuatan Biopori Bagi Manusia dan Lingkungan

Yuk Ketahui Manfaat Pembuatan Biopori Bagi Manusia dan Lingkungan

Pernahkah kamu mendengar istilah biopori? Biopori merupakan lubang dengan diameter 10-15cm dan kedalaman 100-200cm yang sengaja dibuat untuk meningkatkan daya serap air. Selain itu, manfaat pembuatan biopori adalah untuk mengolah sisa-sisa organic yang ada di rumah dan dijadikan pupuk kompos.

Masih banyak manfaat pembuatan biopori untuk manusia maupun lingkungan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Silakan simak artikel di bawah ini.

Manfaat Pembuatan Biopori

manfaat pembuatan biopori adalah sesuatu yang cukup berguna untuk manusia juga lingkungan. Lubang sederhana ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa. Untuk kamu yang penasaran, yuk langsung saja bahas manfaat-manfaat biopori.

Mengatasi Banjir

Siapa sangka, pembuatan lubang biopori yang cukup sederhana ini bisa bermanfaat untuk mengatasi banjir. Kok bisa?

Jadi begini, apabila tidak ada resapan biopori di sekitarmu, maka tidak ada tempat pembusukan sisa organic dan tidak ada tempat resapan air. Nah, kedua hal tersebut pastinya berisiko tinggi menyebabkan terjadinya banjir, terlebih untuk area yang rawan banjir.

Maka dari itu, pembuatan biopori bisa bermanfaat untuk mengatasi atau mencegah terjadinya banjir di lingkunganmu.

Tempat Pembuangan Sampah Organik

Selanjutnya, manfaat pembuatan biopori adalah sebagai tempat sampah, khususnya sampah organic. Mungkin kamu terkadang bingung harus membuang sampah kemana, terlebih sampah organic.

Nah, dengan adanya lubang biopori ini kamu berartii sudah menyediakan ruang untuk membuang sampah tersebut. selain membuat sampah tidak berserakan, lubang biopori ini bisa menghasilkan pupuk kompos yang baik untuk tanaman.

Menyuburkan Tanaman

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pembuatan biopori bisa menghasilkan pupuk kompos yang baik untuk tanaman.

Setelah menyimpan sisa organic di dalam lubang biopori selama kurang lebih 3 bulan, kamu bisa memanen pupuk kompos. Pupuk kompos ini merupakan hasil sampah organic yang terurai oleh biota tanah.

Tanah Menjadi Semakin Sehat

Manfaat pembuatan biopori adalah untuk semua makhluk hidup, termasuk hewan dan tumbuhan. Ya, biota tanah dan akar tanaman beraktivitas mencari makanan, yakni sisa organic. Aktivitas tersebut menghasilkan rongga-rongga pada tanah. Nah, rongga-rongga tanah ini dimanfaatkan sebagai lubang resapan air.

Dengan rutin mengganti sampah organic setiap 3 bulan sekali, rongga-rongga tanah ini senantiasa terawat.

Meningkatkan Kawasan Hijau

Manfaat biopori / pupuk kompos yang ada di dalamnya berguna untuk menyuburkan tanah. Ketika tanah subur, tanaman yang ada di sekitarnya tentu bisa tumbuh dengan lebih cepat.

Meningkatnya pertumbuhan tanaman ini tentu membuat Kawasan hijau di lingkunganmu menjadi lebih luas. Dengan begitu, otomatis lingkungan pun semakin asri dan menyegarkan.

Menambah Daya Resap Air

Semakin banyak lubang biopori yang dibuat, maka semakin banyak pula lubang resapan air di lingkungan rumah mu.

Meningkatnya daya serap air dapat mencegah terjadinya banjir dan menghindari adanya genangan air yang tidak baik untuk kesehatan lingkungan dan dapat menimbulkan penyakit.