Tips Menyimpan Susu Bubuk agar Tidak Terkontaminasi

Tips Menyimpan Susu Bubuk agar Tidak Terkontaminasi

Susu merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Anda perlu memilih susu yang sesuai dengan usia anak dan varian rasa juga disukai anak. Susu bubuk ini bisa dibeli di mana saja dengan berbagai ukuran yang tersedia. Berikut ini cara penyimpanan susu setelah dibuka agar tidak terkontaminasi dengan cepat.

1.   Wadah Kedap Udara

Simpan susu di dalam wadah kedap udara yang tutupnya rapat agar tidak ada udara masuk terus menerus karena bisa membuat susu menjadi rusak kualitasnya. Bahkan lama kelamaan susu bisa menjadi basi dan kedaluwarsa. Wadah penyimpanan yang digunakan pastikan sudah dalam keadaan bersih dan tidak berbau. Bau yang ada di dalam wadah juga bisa mempengaruhi rasa susu.

2.   Sendok Bersih Bukan Bekas

Gunakanlah sendok bersih setiap mengambil susu karena sendok yang dipakai berulang bisa saja terkena kontaminasi udara dan terpapar bakteri. Penting untuk selalu menggunakan sendok baru yang sering sekali dianggap sepele. Apa lagi jika sendok diletakkan di luar wadah bukan di dalam risiko terpapar bakteri akan lebih besar.

3.   Jauhi Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Di dapur biasanya ada celah sinar matahari masuk. Jangan Anda letakkan susu di posisi tersebut karena bisa meningkatkan suhu susu dalam kemasan yang belum terbuka sama sekali. Risiko yang terjadi bisa membuat bakteri jahat berkembang dengan banyak dan berbahaya bagi kesehatan anak. Jika diletakkan di wadah kaca yang tembus cahaya sebaiknya dilapisi dengan aluminium agar cahaya tidak masuk.

4.   Simpan di Suhu Ruangan

Anda bisa menyimpannya di luar saja alias di ruangan dengan suhu normal yang penting tidak kena cahaya matahari. Susu akan lebih awet dan tidak mengalami perubahan rasa atau bentuk. Jika memang harus disimpan di dalam kulkas karena keterbatasan tempat atau takut dikerumuni semut bisa disimpan di suhu kulkas 10-15 derajat agar susu tidak menjadi lembap dan menggumpal.

5.   Simpan dengan Kemasan Aluminium Foil

Tips yang juga bisa diterapkan adalah menyimpan susu tetap di dalam kemasan aluminium foil. Biasanya susu kotak akan ada kemasan aluminium di dalamnya. Menyimpan langsung dengan kemasan aluminium akan menjaga susu agar tidak terkontaminasi udara.

Apa lagi jika wadah yang digunakan tidak kedap udara, Anda tinggal menggulung bagian yang terbuka dan mengikat dengan karet baru dimasukkan ke dalam wadah. Bisa juga dengan melipat bagian aluminium sebelum dimasukkan ke dalam wadah.

Susu bubuk pemberiannya harus sesuai takaran agar rasanya pas dan sesuai dengan takaran nutrisi sekali minum. Jangan berlebihan karena bisa mempengaruhi pencernaan anak. Jika anak mengalami alergi atau ruam setelah minum susu segera ganti dengan susu lain karena ini menandakan susunya tidak cocok dengan anak Anda.