Tips Menambah Berat Badan Anak Agar Tubuh Jadi Ideal

Tips Menambah Berat Badan Anak Agar Tubuh Jadi Ideal

Bunda punya anak yang terlihat kurus dibanding anak seumurannya? Sebenarnya jika dokter ahli menyebut anak Bunda sehat, Bunda tidak perlu khawatir soal berat badannya lagi.

Sayangnya, jika berat badan anak berada di bawah rata-rata, tentunya Bunda harus segera melakukan tindakan supaya berat badan anak menjadi ideal.

Bagaimana tips menambah berat badan anak? Bunda nggak usah bingung karena di artikel ini kami akan bahas tips untuk menambah berat badan anak supaya tubuh menjadi lebih ideal.

Seperti apa tips yang bisa Bunda lakukan? Berikut beberapa tipsnya :

1. Konsumsi makanan berkalori

Anak yang berusia 2 hingga 3 tahun perlu 1,000 kkal per hari. Sedangkan anak yang berusia 4 tahun hingga 8 tahun perlu 1,200 – 1,400 kkal setiap harinya.

Biasanya, manusia memerlukan tambahan 3,500 kkal agar berat badannya bisa naik 5 ons. Namun angka di atas tidak merata untuk semua orang.

Dengan menambah asupan kalori sebesar 500 kkal per hari, maka ada tambahan berat badan sebesar 5 ons per minggu.

Jika Bunda memberi asupan tambahan tersebut secara rutin, berat badan anak akan menjadi ideal.

2. Menambah asupan lemak

Menambah asupan lemak merupakan langkah cepat untuk meningkatkan kebutuhan kalori di dalam tubuh.

Pasalnya 1 gram lemak memiliki kalori yang lebih banyak dibanding sumber gizi lain.

Canola, minyak zaitun, mentega, dan mayonaise trans-fat dapat diberikan untuk tambahan bahan makanan anak.

Bunda juga bisa memberi saus krim atau juga keju leleh pada pasta, sayuran atau nasi sebagai alternatif untuk menambah jumlah kalori makanan anak.

3. Tambahkan asupan karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber gizi yang kaya kalori. Di bahan makanan ini setidaknya ada 4 kkal/gram.

Kendati tidak terlalu banyak dibanding lemak, Bunda tetap bisa menjadikannya sebagai camilan tinggi karbohidrat, misalnya kismis, buah kering hingga granola.

Sebanyak 250 gram dari bahan tersebut memiliki kandungan 240 kkal. Sangat cocok jika ditambahkan di isian pudding, sereal dan yoghurt.

4. Berikan kalori dari minuman

Jika si kecil ogah-ogahan makan, Bunda bisa mengantisipasi dengan cara yang lain. Bunda bisa membantu si kecil untuk memenuhi kebutuhan kalori tubuh dari minuman yang diminumnya.

Ada banyak minuman yang bisa diberikan. Misalnya jus buah segar, yogurt, susu segar dan smoothies memiliki kandungan yoghurt yang mengandung 100 kkal per porsi.

Minuman di atas juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Untuk hasil optimal, Bunda juga bisa membeli susu formula untuk tumbuh kembang anak yang banyak tersedia di apotek.

Tips menambah berat badan anak memang terasa sangat mudah. Namun Bunda harus telaten dan pastikan jangan terlalu memaksa anak.

Lakukan semuanya dengan lembut dan halus. Jangan lupa pastikan anak makan secara teratur. Ajak mereka berolahraga agar imunnya juga kuat.