PERBANDINGAN KEUNGGULAN GADAI VS PINJAMAN PRIBADI ONLINE

Kalau kamu sedang membutuhkan membutuhkan dana secara cepat, ada dua pilihan yang bisa kamu jadikan alternatif: lewat gadai dan pinjaman online pribadi. Kedua metode jasa peminjaman dana ini menawarkan dana cepat dan mudah dengan suku bunga yang ringan. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, jadi mana yang paling menarik?

Keunggulan Pinjaman Lewat Pegadaian

Satu hal yang paling membedakan pinjaman pribadi melalui pegadaian dengan pinjaman online adalah adanya aset yang dijaminkan. Pegadaian mengharuskan peminjam menyerahkan aset sebagai jaminan, sedangkan pinjaman online tidak. Di luar itu, jasa pegadaian memiliki beberapa kelebihan:

  • Proses cepat

Proses persetujuan kredit melalui pegadaian tidak sampai 24 jam, bahkan bisa ditunggu. Kamu cukup mendatangi penyedia layanan gadai dengan membawa persyaratan seperti data diri, kartu identitas resmi, dan barang berharga yang akan digadaikan. Kamu akan mendapatkan dana pinjaman secara tunai sesuai nilai taksiran dari aset gadai.

  • Aset gadai tidak berpindah kepemilikan

Barang berharga yang digadaikan masih sepenuhnya milik debitur. Pihak pegadaian bertanggung jawab menyimpan dan mengasuransikan aset gadai sampai kredit dilunasi atau nasabah gagal melakukan pelunasan pada tenggat waktu yang ditetapkan.

  • Besaran cicilan fleksibel dan bisa diperpanjang

Pihak pegadaian biasanya tidak menetapkan besaran cicilan selama pelunasan kredit dilakukan sebelum jatuh tempo. Jika debitur merasa belum sanggup melunasi pinjaman, debitur dapat memperpanjang tenggat waktu dengan membayar sewa modal yang ringan.

  • Nilai Kelebihan Lelang adalah Hak Debitur

Kalau kamu gagal melunasi pinjaman, aset jaminan akan dilelang oleh pihak pargadaian. Jika hasil lelang lebih tinggi dari nominal pinjaman, maka selisihnya menjadi hak debitur selaku pemilik aset.

Keunggulan Aplikasi Pinjaman Online

Sebagai skema kredit yang sedang popular saat ini, tentu aplikasi pinjaman online memiliki keunggulannya tersendiri. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  • Pengajuan Mudah dan Praktis

Karena berbasis aplikasi smartphone, kamu tidak perlu mendatangi kantor penyedia layanan pinjam uang online untuk mengajukan pinjaman. Cukup gunakan perangkatmu sendiri di mana saja.

  • Persyaratan Mudah

Karena menggunakan skema kredit tanpa agunan, kamu tidak perlu menyerahkan barang jaminan kredit. Cukup sertakan data diri, dokumen identitas resmi, dan informasi rekening yang kamu gunakan. Pihak pinjaman online akan memvalidasi data yang kamu berikan untuk menilai apakah pengajuan kreditmu dapat diterima atau tidak. Keseluruhan proses ini memakan waktu maksimal 2×24 jam, tergantung aplikasi.

  • Pencairan Cepat

Setelah data yang kamu berikan sudah divalidasi, pihak kreditur akan memutuskan apakah kamu layak mendapatkan kredit atau tidak. Jika dianggap layak, dana akan segera ditransfer ke nomor rekening yang kamu cantumkan. Agar proses verifikasi dan pencairan dana bisa berlangsung lebih cepat, beberapa fintech pinjaman online menawarkan kode referral yang bisa kamu gunakan saat mengajukan kredit.

Kesimpulan

Mengajukan pinjaman pribadi melalui gadai maupun aplikasi pinjaman online memiliki keunggulannya sendiri. Mulai dari kemudahan pengajuan kredit, besar cicilan yang dibebankan, hingga benefit yang didapatkan debitur. Lalu mana yang paling menarik?

Untuk skema gadai, hal yang bisa jadi paling menarik bagi calon debitur adalah fleksibilitas cicilan. Misalnya, dengan jumlah pinjaman Rp8.000.000 dengan bunga, kamu sanggup mencicil Rp1.000.000 per bulan selama 8 bulan. Namun, karena satu dan lain hal, mendekati tanggal jatuh tempo kamu baru bisa melunasi Rp4.000.000 saja. Kamu bisa memperpanjang tanggal jatuh tempo dengan hanya membayar sewa modal saja yang nominalnya kecil. Sisa kredit bisa kamu lunasi kemudian.

Pinjaman online mengedepankan kepraktisan dan kemudahan akses kepada calon peminjam sebagai keunggulan utama. Cukup dengan mengunduh aplikasi di Play Store atau App Store, kamu sudah bisa mengakses layanan yang ditawarkan. Setelah itu kamu tinggal memenuhi persyaratan yang ditetapkan lalu menunggu pengajuan diterima dan dana ditransfer ke rekeningmu.

Lalu mana yang lebih baik? Semua tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing calon debitur.