Manfaat Daun Sirih dan Efek Sampingnya yang Perlu Anda ketahui

Manfaat Daun Sirih dan Efek Sampingnya yang Perlu Anda ketahui

Karena berbagai manfaatnya, sirih sudah digunakan oleh orang-orang zaman dulu. Tak sekadar digunakan kegiatan nyirih yang baik untuk kesehatan gusi dan gigi, tapi ada segudang manfaat daun sirih lainnya baik dari sirih merah ataupun yang hijau.

Mungkin Anda sudah penasaran dengan berbagai manfaatnya, untuk itu mari langsung saja simak ulasannya berikut ini agar lebih jelas.

Kandungan Daun Sirih

Piperaceae atau daun sirih merupakan daun yang mudah sekali untuk Anda temukan dan bahkan tumbuhan ini sangat mudah dibudidayakan. Ya karena memiliki berbagai manfaat khususnya untuk kesehatan, maka tak heran jika banyak yang membudidayakan tumbuhan ini.

Perlu diketahui, dalam 100 gram piperaceae mengandung 3,4 mcg Yodium, Kalium sebanyak 1,1-4,6%, 1,9-2,9 mg Vitamin A, Vitamin B1 sebanyak 13-70 mcg, Vitamin B2 sebanyak 1,9-30 mcg, dan 0,63-0,89 mg Asam nikotinat.

Tak hanya itu saja, dalam daun ini pun mengandung berbagai macam minyak esensial dan senyawa kimia lainnya, antara lain adalah Chavicol, Betelphenol, Eugenol, Terpene, dan Campene. Dengan beberapa kandungan yang ada, jelas ada berbagai manfaat yang didapat dari daunnya ini.

Khasiat Dari Daun Sirih

Ada beberapa khasiat yang dapat Anda dapat dari tumbuh ini khususnya bagian daunnya. Berikut adalah beberapa khasiat untuk kesehatan dari daun tumbuhan ini.

1. Mengobati Luka Lambung

Rebusan yang dihasilkan dari sirih akan menghasilkan lendir yang dapat melapisi dan dapat melindungi lambung, sehingga lambung tidak akan mudah luka ketika mengalami kenaikan asam lambung dan hal lainnya.

2. Untuk Atasi Diabetes

Manfaat selanjutnya dari rebusan atau bubuk sirih adalah untuk mengatasi diabetes tipe 2. Tapi jika ingin menggunakannya sebagai pengobatan diabetes, maka silakan untuk konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

3. Menghilangkan Rasa Gatal di Area Intim

Khasiat berikut bisa dimanfaatkan oleh para wanita. Ya, air rebusan daunnya ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal di area kewanitaan. Tapi penggunaannya tidak boleh secara terus-menerus atau saat memang area intim gatal. Sebab antiseptik dalam daun sirih dapat menyebabkan perubahan pH di area kewanitaan.

Efek Samping Daun Sirih

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi bukan berarti penggunaan daun sirih tak memiliki efek samping. Seperti efek samping kanker mulut yang bisa disebabkan oleh kegiatan menyirih. Hal ini dikarenakan campuran daun sirih, biji pinang, kapur, dan tembakau bersih karsinogenik atau dapat memicu kanker.

Selian itu menurut Sriwijaya Journal of Ophthalmology, rebusan daun ini untuk mata dapat mengakibatkan kornea mata terinfeksi jamur. Dengan demikian, saat mata sakit ada baiknya langsung ke dokter agar dapat ditangani dengan benar.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirih dan juga beberapa efek samping dari penggunaan daun sirih. Jangan asal tahu manfaatnya saja, tapi ketahui juga efek samping agar Anda dapat bijak dalam memanfaatkannya.