Jenis-Jenis Minuman Kopi yang Perlu Dipelajari Jika Ingin Buka Bisnis

Jenis-Jenis Minuman Kopi yang Perlu Dipelajari Jika Ingin Buka Bisnis

Membuka bisnis atau usaha kopi bukanlah hal mudah, karena Anda harus mempelajari dulu jenis jenis minuman kopi supaya tidak salah memberikan pengertian ke pembeli. Sebab, ada sebagian besar pembeli yang kadang tidak paham dengan perbedaan jenis kopi tersebut.

Ada banyak sekali jenis kopi yang seringkali dijumpai di luar sana. Tentunya ada perbedaan entah dari jenis kopinya atau dari cara penyajian yang dilakukan oleh sang barista. Maka dari itu, pahami dulu jenis kopi yang ingin dijual sebelum memulai bisnis ini.

  • Latte

Latte mempunyai perbedaan dengan cappucino dan jenis kopi lainnya. Di mana perbandingan antara espresso dan susu di dalam latte ialah 2:1. Latte salah satu jenis yang seringkali dipesan, karena rasanya sangat ringan dan juga enak. Apalagi kadang disajikan dengan latte art yang lucu di atasnya sehingga tampak menarik.

  • Cold Brew

Cold Brew dari segi penyajian sangat berbeda dengan jenis kopi lain yang mana harus diseduh menggunakan air panas dulu. Sesuai namanya, kopi ini dibuat dari air dingin suhu ruang yang kemudian didiamkan selama belasan jam. Alhasil cita rasanya pun sangat khas, tidak begitu pahit atau asam saat diminum.

  • Frappe

Jenis kopi lainnya yang juga sering ditemui di berbagai kedai kopi ialah Frappe. Frappe sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya es kopi. Dalam cara penyajiannya, es kopi ini juga terbuat dari kopi instan, gula kemudian es batu yang dikocok sehingga menghasilkan busa. Anda bisa menyajikan Frappe dengan topping lezat lainnya supaya semakin terasa enak.

  • Cappucino

Jenis kopi lainnya yang tak boleh ketinggalan sudah pasti Cappucino. Cappucino sendiri terbuat dari espresso dan juga steamed milk yang mana memiliki perbandingan 1:1. Namun, tak jarang juga cappucino yang memakai perbandingan ⅓ espresso, ⅓ steamed milk dan ditambah ⅓ susu foam juga. Untuk penyajiannya sendiri, Cappucino kerap kali diletakkan dalam cangkir berukuran 88 mililiter hingga 177 mililiter.

  • Macchiato

Minuman kopi selanjutnya berjenis macchiato, yang mana sangat cocok apabila Anda seorang penikmat kopi yang tidak terlalu pahit. Dibandingkan espresso-nya, steamed milk dalam macchiato justru lebih besar. Hal ini membuat minuman kopi tersebut mempunyai cita rasa yang milky tapi juga gurih.

  • Americano

Siapapun pasti tidak asing dengan yang namanya Americano ini. Minuman tersebut dapat disajikan baik secara hangat maupun dingin, tapi kebanyakan orang lebih suka minum Americano dingin yang seringkali disebut iced Americano. Di dalamnya ada satu shot espresso yang kemudian dicampur dengan air panas pada cangkir 178 mililiter.Tapi jenis lain dari Americano ini ada doppio yang mana mempunyai dua shot espresso di dalamnya.

Penyajian jenis-jenis minuman kopi juga dapat mempengaruhi cita rasanya. Oleh karena itu, sebelum membuka bisnis ini Anda tentu harus memahaminya dulu.