Hindari 4 Hal Ini Saat Berikan Susu Formula untuk Anak

Lagu lagu yang paling hits di jaman sekolah waktu dulu yang enak di dengarkan

Adalah fakta jika tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati, sehingga mau tidak mau harus memberikan susu formula untuk anak karena salah satu alasan ini. Akan tetapi Anda harus memperhatikan ini saat menyiapkan susu formula untuk si kecil supaya dia tetap bisa menerima nutrisi yang optimal.

1. Jangan Menggunakan Air dari Dispenser

Tidak bisa di pungkiri jika banyak orang tua yang masih menggunakan air mineral dari dispenser saat akan membuat susu formula. Hal ini benar-benar tidak disarankan sebab air panas di dispenser kerap sekali tidak mencapai 70C.

Sementara banyak dokter yang menyarankan jika susu formula itu harus diseduh dengan air matang yang sudah dipanaskan setelah itu didinginkan sebentar. Hal ini bertujuan supaya bakteri yang ada di bubuk susu formula bisa mati dan tidak membahayakan si kecil.

2. Jangan Pernah Memanaskan Susu Formula Menggunakan Microwave

Pernahkah Anda memanaskan ulang susu formula supaya si anak bisa minum susu dalam keadaan yang hangat? Sebenarnya bisa saja dilakukan, namun disarankan untuk tidak memanaskan botol susu si kecil di dalam microwave.

Mengapa? karena microwave tidak bisa memanaskan susu secara rata, dan justru di area tertentu saja. Hal ini tidak baik ketika si buah hati meminumnya dimana bisa saja lidahnya akan kepanasan. Lebih baik air yang sudah matang Anda diamkan sebentar lalu buat susu.

3. Jangan Memberikan Banyak Susu Formula

Ingatlah, apabila si bayi sudah berhenti minum susu, maka Anda bisa ambil botol susu itu dari mulutnya. Walaupun sebenarnya masih belum bisa berbicara, namun si kecil dapat memberi tahu kita kapan ia merasa kenyang dan lapar.

Dari sinilah Anda harus belajar mengenai kebutuhan si anak. Jangan pernah memberi banyak susu formula karena ia pasti akan memberikan tanda kepada Anda.

4. Jangan Pernah Biarkan Si Anak Tidur Sambil Minum Susu

Jangan pernah biarkan si anak minum susu selama tidur tanpa pengawasan karena bisa saja akan mengalami tersedak. Bukan hanya itu saja, namun jika minum susu sambil tidur, faktanya akan membuat gigi di anak menjadi berlubang.

Mengapa bisa terjadi? Hal ini bisa saja terjadi pada saat tidur, susu yang terus menetes ke mulut akhirnya menggenang di sekitar gigi.

Untuk beberapa ibu di luar sana, susu formula mungkin bukan menjadi pilihan pertama. Adalah fakta memang jika memberi si kecil ASI dinilai lebih baik, namun jika misalnya Anda tidak berhasil menyusui si kecil dengan ASI, maka jangan berkecil hati.

Sebagai seorang ibu yang bijak maka pemberian susu formula untuk anak pun nyatanya tidak boleh sembarang Anda beri supaya nutrisi yang terkandung didalamnya tidak hilang.