Gambaran Struktur Organisasi Mayora dan Tugasnya

Gambaran Struktur Organisasi Mayora dan TugasnyaBerdiri sejak tahun 1977 yang lalu, Mayora menjadi salah satu perseroan yang sangat sukses dan tetap menunjukkan eksistensi mereka hingga saat ini. Bertahannya Mayora dalam waktu yang lama tentu tidak lepas dari struktur organisasi Mayora yang begitu padu dan kuat.

Tidak hanya masalah eksistensi semata, struktur organisasi yang kuat dari Mayora juga membawa perusahaan ini mendapatkan beragam penghargaan bergengsi dari beberapa event yang berbeda. Beberapa penghargaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” yang didapatkan dari Asia Money
  • “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” yang didapatkandari majalah SWA
  • “Best Manufacturer of Halal Products” yang didapatkan dari Majelis Ulama Indonesia
  • “Best Listed Company” yang didapatkan dari Berita Satu
  • “Indonesia’s Corporate Secretary Award, Top 5 Good Corporate Governance Issues in Consumer Goods Sector” yang didapatkan dari Warta Ekonomi
  • “Top 100 public listed companies” yang didapatkandari majalah Investor Indonesia

Pada kesempatan ini akan dibahas perihal gambaran dari struktur organisasi yang menaungi Mayora dan juga tugas yang diemban masing-masing posisi. Adapun beberapa posisi terpenting dari struktur organisasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dewan Komisaris

Dewan komisaris merupakan struktur yang paling penting dari struktur organisasi yang dimiliki oleh Mayora. Posisi ini akan memegang kendali yang paling tinggi serta memiliki tanggung jawab yang begitu besar. Pasalnya, dewan komisaris harus memiliki kecakapan yang baik guna memberikan saran kepada direksi perihal pengelolaan perusahaan.

Lebih dari itu, dewan komisaris juga memiliki tanggung jawa yang besar terkait perencanaan serta pengembangan operasional yang berkaitan dengan penganggaran, kepatuhan serta tata kelola perusahaan. Dalam hal ini, jalannya perusahan cukup banyak dipengaruhi oleh bagaimana kinerja dari dewan komisaris tersebut.

  • Audit Committee

Audit committee atau komite audit merupakan posisi di mana seseorang dalam posisi ini akan mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh seorang dewan komisaris. Pengawasan tersebut dilakukan guna memastikan jika sistem pengendalian internal perusahaan bisa berjalan dengan baik dan juga efektif.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memastikan jika tidak ada penyimpangan yang terjadi. Sebagaimana diketahui, penyimpangan pada arah kerja perusahaan nantinya berpotensi merugikan perusahaan.

  • Direksi

Direksi juga menjadi bagian penting dari struktur organisasi yang ada pada perusahaan Mayora. Tanggung jawab utama dari seorang direksi adalah mengurus beragam hal terkait perseroan dan juga mewakili perseroan untuk berbagai urusan, baik urusan dalam dan urusan luar.

Dalam menjalankan tugas yang dimiliki, seorang direksi nantinya akan dibantu oleh kepala unit serta beberapa staf ahli direksi. Tidak hanya itu, direksi pun nantinya dibagi menjadi beberapa bagian dengan detail tanggung jawab yang berbeda.

Beberapa hal di atas adalah gambaran dari struktur organisasi Mayora yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya, struktur tersebut bisa dilihat di website Mayora.