7 Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup  

7 Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup  

Manusia yang tinggal di muka bumi tentu tidak bisa terlepas dari dukungan lingkungan hidup di sekitarnya. Beragam aktivitas yang dilakukan oleh manusia hingga hewan dan tumbuhan akan membentuk suatu siklus yang terus berputar. Agar keseimbangan tetap berjalan dengan baik, maka upaya pelestarian lingkungan hidup tentu harus dilakukan.

Hal Kecil yang Bisa Dilakukan Untuk Melestarikan Lingkungan Hidup

Jangan berfikir untuk bisa menyelamatkan lingkungan, Anda harus menjadi relawan bencana atau menjalankan aksi tanam pohon besar-besaran terlebih dahulu. Sejatinya, melestarikan lingkungan hidup sangatlah mudah karena bisa dimulai dari ragam hal kecil. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk dapat melestarikan lingkungan sekitar? Ini dia ulasannya

1.     Selalu Membuang Sampah di Tempatnya

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang masih mengakar hingga saat ini yaitu malas membuang sampah langsung ke tempatnya. Biasanya jika satu orang yang dengan santai melakukan kebiasaan ini, maka secara otomatis orang-orang sekitar akan mengikuti kebiasaannya.

Untuk memutus mata rantai ini, Anda bisa mulai membiasakan diri sendiri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Jangan lupa untuk menegur orang lain yang santai membuang sampah sembarangan.

2.     Rawat Tanaman Sekitar

Apa yang Anda lakukan jika melihat tanaman sekitar layu dan mengering? Beberapa orang cenderung membiarkannya. Namun tidak ada salahnya untuk mulai bergerak merawat tanaman yang berada di sekitar Anda. Beri air dan pupuk yang cukup agar ia dapat tumbuh dengan subur.

3.     Sering Berjalan Kaki

Jika sedang bepergian dan dirasa jarak cukup dekat, maka cobalah untuk berjalan kaki. Berjalan kaki 10-15 menit tentu tidak akan terlalu melelahkan. Selain dapat membuat badan lebih sehat, berjalan kaki juga dapat membantu pengurangan polusi udara karena Anda tidak menggunakan kendaraan bermotor.

4.     Gunakan Transportasi Umum

Jika berjalan kaki terlalu jauh, maka gunakan transportasi umum untuk bepergian. Saat ini masih banyak orang yang cenderung memilih menggunakan kendaraannya sendiri dibandingkan dengan kendaraan umum. Padahal dengan semakin banyaknya kendaraan di jalan, maka penggunaan bahan bakar juga akan semakin banyak digunakan dan lama-lama akan habis.

5.     Selalu Matikan AC Saat Tidak Digunakan

Tahukah Anda jika AC menghasilkan gas emisi yang dapat merusak lapisan ozon. Jadi jika tidak digunakan, ada baiknya untuk selalu mematikan AC Anda. Selain dapat menghemat lebih banyak listrik, Anda bisa ikut berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup sekitar. Polusi menjadi lebih berkurang dan tentunya udara menjadi lebih segar.

6.     Daur Ulang Sampah yang Bisa Digunakan

Botol plastik atau kemasan minuman kaleng yang sudah digunakan bisa dimanfaatkan menjadi peralatan yang lebih berguna seperti tempat pensil, celengan, dan lain-lain. Jika Anda seorang yang terampil, coba daur ulang berbagai sampah tersebut menjadi benda yang lebih berguna dan dapat digunakan kembali.

7.     Tegur Orang-Orang yang Abai Merawat Lingkungan

Lingkungan yang tercemar dapat disebabkan karena sikap tidak peduli satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa mulai menyadarkan orang-orang sekitar jika mereka abai terhadap lingkungan seperti membuang sampah sembarangan atau merusak tanaman sekitar. Pelestarian lingkungan tentu akan berjalan lebih aktif jika masing-masing orang saling peduli.

Nestle sebagai salah satu perusahaan multinasional juga turut aktif berpartisipasi membantu upaya pelestarian lingkungan hidup. Untuk mengurangi pencemaran limbah, Nestle menggunakan sarana Waste Water Treatment Plant (WWTP) yang dapat memproses limbah tercemar menjadi air yang bersih sebelum dibuang ke lingkungan.