6 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Kaya Protein

6 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga Kaya Protein

Kebutuhan nutrisi tubuh dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Menu masakan sehari-hari untuk keluarga tentunya harus ada protein yang penting bagi kesehatan. Berikut ini menu makanan kaya protein yang bisa dibuat secara bergantian.

1.   Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi sekaligus kalorinya juga tinggi. Kandungan nutrisi lainnya di dalam telur adalah mineral, vitamin, dan lemak. Bahkan telur bisa dijadikan protein andalan untuk Anda yang sedang diet.

Menu telur yang bisa Anda buat seperti telur balado, telur dadar, atau telur rebus yang disantan. Telur ini bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan makanan seperti kentang, tahu, tempe, atau tri.

2.   Dada Ayam

Menu protein lainnya dengan menggunakan dada ayam. Disarankan mengonsumsinya tanpa kulit. Di dalam dada ayam juga ada kandungan lemak. Persentasenya 80% protein dan 20% lemak. Ayam tentunya memiliki rasa yang lezat.

Anda bisa memasaknya dengan dipanggang, digoreng, atau pun dimasak dengan cincang menjadi sup. Ayam ini tentunya disukai oleh semua anggota keluarga dan bisa dijadikan protein andalan keluarga.

3.   Udang

Menu protein yang tak kalah enak untuk dibuat bersama keluarga adalah udang. Makanan laut yang kaya dengan protein. Udang tinggi protein dan rendah kalori. Udang tak kalah enak untuk dicoba sebagai menu makanan keluarga. Sesekali Anda bisa membuatnya dicampur dengan seafood lainnya. Buat yang suka seafood udang tentunya pilihan yang tepat.

4.   Tahu dan Tempe

Menu protein tak hanya dari hewani tetapi juga nabati yaitu tahu dan tempe. Tahu dan tempe terbuat dari kedelai yang kandungan protein tinggi. Protein ini selain menjadi menu utama juga bisa menjadi menu olahan yang dimakan bersama keluarga. Kedua protein ini juga bagus untuk pencernaan dan mengurangi peradangan. Anda bisa bikin menu oseng-oseng tahu dan tempe.

5.   Ikan Tuna

Buat Anda pecinta ikan bisa memilih ikan dengan protein yang tinggi yaitu ikan Tuna. Selain protein juga ada kandungan asam amino dan omega-3. Ikan Tuna memiliki khasiat yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat lainnya bagus untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menyehatkan tulang. Buat anak-anak ikan Tuna bagus untuk tumbuh kembang. Olahan ikan Tuna dengan menu Tuna saus salah satu menu yang enak untuk dicoba.

6.   Daging sapi

Daging menu makanan keluarga yang kaya protein. Di dalam daging juga ada lemak, vitamin, dan zat besi. Manfaat daging untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh. Buat yang anemia juga bagus mengonsumsi daging.

Anda hanya perlu mengolahnya dengan benar agar daging matang sempurna. Bisa dijadikan sup buat yang suka hangat-hangat dicampur kentang dan tahu. Menu lainnya bisa dibuat dendeng, rendang, atau tongseng.

Pilihan menu masakan sehari-hari untuk keluarga bisa Anda buat secara bergantian. Olahan proteinnya bisa disesuaikan dengan selera. Jangan lupa untuk menyajikan sayuran agar menu menjadi sempurna.