5 Sumber Nutrisi Otak Anak yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

5 Sumber Nutrisi Otak Anak yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Perkembangan otak anak bisa dioptimalkan lewat konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Di sekitar kita ada banyak sekali jenis makanan yang bisa jadi sumber nutrisi untuk otak. Itulah mengapa orang tua sebaiknya memperhatikan dengan baik kecukupan nutrisi tersebut. Berikut adalah 5 sumber nutrisi otak anak yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Telur

Pertama ada telur yang merupakan jenis bahan makanan termudah untuk diolah dan ditemui di pasaran. Telur biasa dikenal sebagai sumber protein yang akan menghasilkan energi untuk anak. Namun telur ternyata juga mengandung kolin yang bagus sekali mendukung pertumbuhan otak si kecil.

Kolin dalam telur juga bisa meningkatkan daya fokus anak sehingga kemampuan otaknya untuk berkembang lebih optimal. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi telur secara berlebihan. Paling tidak telur bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari.

2. Brokoli

Anak-anak juga sangat disarankan mengonsumsi sayuran hijau setiap hari demi mendukung perkembangan otak. Salah satu sayuran hijau yang sangat direkomendasikan adalah brokoli. Brokoli diketahui mengandung vitamin K yang akan meningkatkan kekuatan otak anak sekaligus membantu anak jadi lebih cerdas.

3. Daging Sapi

Konsumsi daging sapi juga sangat bagus untuk tubuh si kecil. Daging sapi menjadi salah satu sumber zat besi yang sangat dibutuhkan oleh anak. Bahan makanan satu ini bisa membantu tubuh tetap berenergi dan mudah berkonsentrasi. Bahkan daging sapi sudah disarankan untuk diberikan kepada anak sejak masuk masa MPASI yaitu usia 6 bulan. Selama teksturnya sesuai dan pengolahannya tepat, maka daging aman-aman saja untuk dikonsumsi.

4. Ikan

Bahan makanan sumber nutrisi otak anak berikutnya adalah ikan, terutama ikan laut. Ikan diketahui mengandung asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh otak agar bisa berkembang optimal. Jenis asam lemak esensial tersebut adalah asam lemak omega 3 dan omega 6.

Dari sekian banyak jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi, ada beberapa yang paling menonjol. Di antaranya adalah ikan salmon dan ikan tuna. Kedua jenis ikan ini dinilai memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bagus untuk perkembangan otak buah hati.

5. Kacang-kacangan

Berikutnya ada kacang-kacangan yang juga dinilai bagus untuk perkembangan otak anak. Jenis kacang-kacangan yang dimaksud di sini sangat beragam. Mulai dari kacang hijau, kacang merah, hingga kacang almond. Semua jenis kacang ini mengandung vitamin E dan tiamina yang bagus untuk otak.

Selain itu, kacang-kacangan juga diketahui mengandung asam lemak omega 3. Itulah mengapa konsumsi bahan makanan ini secara rutin sangat disarankan pada anak. Selain bisa menjadi sumber protein yang aman, kacang-kacangan juga bisa jadi sumber nutrisi yang bagus bagi otak.

Pastikan untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi otak anak secara optimal. Pilih bahan-bahan makanan yang mengandung nutrisi lengkap agar anak tumbuh sehat dan cerdas. Jangan lupa, olah bahan makanan tersebut dengan tepat dan berikan variasi agar anak tidak merasa bosan.