5 Manfaat Olahraga bagi Anak-anak Pada Masa Pertumbuhan

5 Manfaat Olahraga bagi Anak-anak Pada Masa Pertumbuhan

Bermain dan olahraga memang sama-sama harus menggerakkan badan, tapi olahraga memiliki manfaat yang berbeda bagi masa pertumbuhan anak. Manfaat olahraga bagi anak-anak selain untuk kesehatan juga bisa sebagai sarana edukasi.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO sendiri menyarankan anak-anak yang berusia 5 sampai 17 tahun untuk berolahraga sekitar 60 menit perhari. Sedangkan untuk anak yang usianya masih di bawah 5 tahun disaranakn untuk berolahraga selama 3 jam setiap harinya.

Masa pertumbuhan anak tidak hanya dijaga dengan asupan nutrisi yang cukup saja, tapi juga pola hidup yang sehat. Salah satunya yakni berolahraga. Apa sajakah manfaat olahraga pada masa pertumbuhan anak-anak? Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Mencegah Obesitas

Pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan energi dan nutrisi yang banyak sehingga tidak terkadang susah mengontrol nafsu makannya. Obesitas memang sering terjadai pada orang dewasa. Tapi anak-anak juga bisa mengalaminya, terutama pada anak-anak yang pola makannya kurang sehat.

Oleh karena itu, Jika sulit menekan nafsu makan anak, Anda bisa mengimbanginya dengan mengajaknya berolahraga. Tujuannya untuk membakar lemak-lemak jahat. Jika tidak bisa setiap hari, anak bisa melakukan olahraga seminggu tiga kali saja.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Tujuan anak kecil berolahraga memng tidak untuk membentuk badan atau diet. Fungsi olahraga pada anak yaitu untuk melatih motorik anak, baik sistem motorik kasar maupun halus.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selanjutnya manfaat olahraga bagi anak-anak yaitu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Jadi hal tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil. Olahraga pada anak-anak juga bisa mengurangi resikio terjadinya osteoporisis atau pengeroposan tulang.

Adapun jenis olahraga yang baik untuk kesehatan tulang yaitu lompat tali atau skipping, bersepeda, dan olahraga lainnya. Namun selain berolahraga, orang tua juga harus menjaga pola makannya. Imbangi dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium.

  1. Meningkatkan Daya Ingat Anak

Tumbuh kembang anak yang harus diperhatikan selain kesehatan tubuh yaitu kecerdasan atau kinerja otak. Dengan rajin berolahraga, aliran darah menuju otak akan meningkat. Hal tersebut yang mampu memperluas area hipokampus pada otak, sehingga otak bisa berfungsi menyimpan memori lebih banyak.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ajak anak-anak olahraga ringan untuk menjaga kesehatan jantungnya. Anda bisa mengajaknya olahraga seperti senam ataupun aerobik untuk mengoptimalkan kerja jantung. Rajin berolahraga juga bisa mencegah berbagai penyakit jantung.

Denyut jantung yang meningkat karena olahraga membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk kesehatan jantung yaitu lari, renang, bersepeda, bermain bola basket atau sepak bola.

Meskipun manfaat olahraga bagi anak-anak sangat banyak, tapi jangan biarkan akan terlalu memforsir dirinya dalam berolahraga. Jangan lupa juga untuk tetap diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergzi tinggi.