5 Kiat Penting Dalam Mengenalkan Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama

5 Kiat Penting Dalam Mengenalkan Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama

Si kecil yang sudah menginjak usia 6 bulan siap menjalani menu MPASI pertama yang menyehatkan. Pastikan tekstur MPASI 6 bulan pertama lunak atau bubur kental yang mudah ditelan si kecil. Tekstur yang lunak atau lembek bisa mendukung sistem pencernaan bayi yang berkembang lebih optimal. Dengan tekstur bubur yang benar, risiko bayi alami trauma, syok atau sulit menelan makanan pertama tidak akan terjadi.

Tips Menyiapkan MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Supaya anak Anda yang mulai tahapan MPASI pertama kali bisa berjalan lancar, maka ketahui kiat penting dalam mengenalkan tekstur MPASI 6 bulan pertama berikut :

1. Persiapkan peralatan

Letakkan anak di tempat duduk seperti kursi khusus bayi, kemudian Anda mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam proses MPASI. Pastikan anak memakai sabuk pengaman untuk menghindari risiko jatuh atau cedera meski rata-rata anak usia enam bulan mampu duduk di kursi bayi tanpa bantuan.

2. Memberikan menu bubur kental

Bila Anda membuat bubur sendiri, sebaiknya pilih bahan yang berkualitas dalam memberikan menu MPASI pertama kali, misalnya beras merah dicampur dengan wortel atau daging ayam. Pilihan menu yang baik akan mendukung tumbuh kembang si anak lebih maksimal, khususnya pengenalan pada sayuran yang berkhasiat untuk kesehatannya.

3. Boleh memilih menu makanan instan

Anda juga boleh memilih sereal atau bubur instan yang ada di pasaran, asal memilih produk yang berkualitas dan aman dikonsumsi si kecil. Perhatikan aturan membuat bubur dari produk makanan bayi instan, kemudian simpan sisa produk dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas.

4. Mengenalkan jenis makanan yang sama dalam beberapa hari

Tidak harus berganti-ganti menu setiap mulai mengenalkan MPASI, kok. Anda bisa memakai menu yang sama dalam dua atau tiga hari berturut-turut untuk membantu si kecil mengenal rasa makanan. Hal ini bermanfaat dalam mengetahui reaksi alergi si kecil pada makanan tertentu dan bisa mengenalkan jenis makanan baru secara bertahap.

5. Berikan porsi makanan dengan frekuensi sesuai usia

Pada anak usia 6 bulan ke atas, Anda bisa memberikan menu MPASI dari puree buah cukup satu sendok teh 2-3 kali makan. Anda bisa menambah porsi seiring perkembangan usia anak, termasuk pemberian sereal atau bubur bayi sekitar 3-9 sendok makan  2-3 kali sehari. Nanti anak akan beradaptasi dengan MPASI dan siap makan dalam jumlah yang lebih banyak sesuai perkembangan usia mereka.

Yuk, berikan tekstur MPASI 6 bulan pertama berupa bubur atau nasi tim dengan tekstur yang sangat lunak! Anda bisa membeli produk sereal di pasaran yang legal dan bersertifikasi resmi. Berikan menu makanan yang sehat sesuai dengan aturan untuk mendukung program MPASI pertama yang sukses. Camilan sehat buah-buahan sebagai selingan bisa diberikan dalam jumlah kecil dulu. Biarkan anak beradaptasi dengan menu makanan baru, termasuk pengenalan makanan bayi dengan tekstur kasar bila ia sudah berusia 8 bulan kelak, ya!